Jakarta (13/1) – Memenuhi pasal 46 ayat (7) PKPU No.3 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan PKPU No. 15 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Walikota dan Wakil Walikota, bahwa KPU Kabupaten Bogor melaksanakan tes pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika terhadap ke lima Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Jl. Bendungan Hilir No.17 A, Jakarta Pusat. Pemeriksaan kesehatan ini didampingi oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor, H. Haryanto Surbakti, SH,  Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni, S.Pt., MM, Erik Fitriadi, SH, Mustaqim, S.Sos., M.Kom, dan Kasubag Teknis dan Hupmas, Gumilar Darmadi, SE.















Pemeriksaan dilaksanakan secara bersamaan untuk seluruh Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 pada tanggal 12 dan 13 Januari 2018. Kegiatan yang dilaksakan pada tanggal 12 Januari 2018 yaitu pemeriksaan Psikologi yang dilakukan oleh tim dari Himpunan Psikologi Seluruh Indonesia (HIMPSI) Jawa Barat. Untuk Pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2018 oleh tim Dokter RSAL Mintohardjo, didampingi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bogor dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor.(Media Center-KPU Kab.Bogor)

Cibinong (10/1) Sesuai tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2018 Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 dimulai Tanggal 8-10 Januari 2018. Lima Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor terdiri dari :


  1. Pasangan Calon Ir. H. Gunawan Hasan dan Ficky Rhoma Irama dari Jalur Pendaftaran Perseorangan. Mendaftar pada hari Senin, 8 Januari 2018 Pukul 10.07 WIB.
  2. Ade Yasin dan H. Iwan Setiawan, SE, diusung oleh Gabungan Partai Politik (PPP, Partai Gerindra, PKB). Mendaftar pada hari Selasa, 9 Januari 2018 Pukul 12.40 WIB.
  3. Fitri Putra Nugraha dan H. R. Bayu Syahjohan, diusung oleh Gabungan Partai Politik (PDI Perjuangan dan Partai Hanura). Mendaftar pada hari Selasa, 9 Januari 2018 Pukul 15.15 WIB.
  4. Ade Ruhandi-Jaro Ade, SE dan Ingrid Maria Palupi Kansil, S.Sos, diusung oleh Gabungan Partai Politik (Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai NasDem dan PKS). Mendaftar pada hari Rabu, 10 Januari 2018 Pukul 13.20 WIB.
  5. Ade Wardhana Adinata, SE., MM dan Asep Ruhiyat, S.Sos., MM dari Jalur Pendaftaran Perseorangan. Mendaftar pada Rabu, 10 Januari 2018 Pukul 16.00 WIB.

Kelima Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 bersama rombongan  membawa sejumlah kelengkapan dokumen Syarat Calon dan Syarat Pencalonan untuk diserahkan dan diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor, H. Haryanto Surbakti, SH, Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni, S.Pt., MM, Erik Fitriadi, SH, Mustaqim, S.Sos., M.Kom dan Drs. R. Akhmad Munjin, M.Si dan Sekretaris KPU Kabupaten Bogor, R. Agus Putrono, SH., MH serta Jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Bogor.



  



Untuk kekurangan dokumen Pasangan  Calon Bupati dan Wakil Bupati diberikan waktu untuk melakukan perbaikan dan diserahkan kepada KPU Kabupaten Bogor sampai hari terakhir pendaftaran yang terjadwal pada tanggal 10 Januari 2018 pada pukul 24.00 WIB.

Acara diakhiri dengan penyerahan tanda terima oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor, H. Haryanto Surbakti, SH kepada masing-masing Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 dan Ketua Panwaslu Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin. KPU Kabupaten Bogor memberikan kesempatan kepada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018, untuk melakukan Pers Conference kepada media. (Media Center-KPU Kab. Bogor)

Cibinong (7/1), KPU Kabupaten Bogor selenggarakan Rapat Persiapan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 di Aula KPU Kabupaten Bogor yang dihadiri langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor, H. Haryanto Surbakti, SH, Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni, S.Pt, MM, Erik Fitriadi, SH, Mustaqim, S.Sos, Panwaslu Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin, serta mengundang DPD/DPC Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2014 dan perseorangan.


Rapat ini membahas terkait dengan seluruh persiapan pendaftaran yang harus dilakukan oleh Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018. Persiapan yang harus dilakukan diantaranya ialah melakukan pendaftaran pada tanggal 8-10 Januari 2018, untuk tanggal 8-9 Januari 2018 pendaftaran di buka pada pukul 08.00 – 16.00 WIB, sedangkan tanggal 10 Januari 2018 pukul 08.00 – 24.00 WIB.


Semua proses pendaftaran harus dilakukan langsung oleh Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 tidak boleh diwakilkan, dan untuk Pasangan Calon yang diusung oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik wajib dihadiri oleh Ketua DPC/DPD Partai Politik pengusung (Media Center-KPU Kab. Bogor).




Cibinong (13/12) KPU Kabupaten Bogor melaksanakan seminar Undang-Undang Dasar nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Dasar nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang Dasar dengan MUSPIDA, Pimpinan Partai Politik tingkat Kabupaten Bogor, Panwaslu Kabupaten Bogor, Organisasi Kemahasiswaan Se-Kabupaten Bogor, Media Masa cetak dan penyiaran, Organisasi kepemudaan, dan PPK Se-Kabupaten Bogor. Seminar dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Bogor tanggal 13 Desember 2017, yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu dilanjutkan dengan sambutan Ketua KPU Kabupaten Bogor H. Haryanto Surbakti, SH, menyampaikan bahwa acara seminar ini bertujuan untuk mensosialisasikan perubahan kedua atas Undang-Undang Dasar Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang Dasar.
Dalam kesempatan acara ini dihadirkan beberapa narasumber dengan materi yang dibahas antara lain :
  1. Ida Budhiati (Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) dengan materi yang berjudul “ PILKADA DEMOKRATIS dan BERINTEGRITAS”;
  2. Kaka Suminta (KIPP Indonesia), dengan materi yang berjudul Pemantauan Tahap Pilkada Serentak Tahun 2018;
  3. Dari Mantan Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Romli Eko Wahyudi, dengan materi yang terkait dengan pengalaman tentang Verifikasi Alur Dukungan Perseorangan Pemilihan Bupati danWakil Bupati Bogor Tahun 2013;
  4. Dari Panwaslu Kabupaten Bogor, Burhanuddin, S.Pdi, dengan materi yang berjudul Pengawasan Tahapan Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. (Media Center-KPU Kab. Bogor)











Cibinong (15/12) Berdasarkan ketentuan Pasal 19 Peraturan KPU No. 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah. KPU Kabupaten Bogor mengundang Liaison Officer (LO) dari masing-masing Partai Politik di Kabupaten Bogor untuk membahas mengenai Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Perbaikan, Bimtek Verifikasi Faktual dan Pengundian Nomor Awal Pencuplikan Keanggotaan Parpol Calon Peserta Pemilu Tahun 2019. Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor, H. Haryanto Surbakti, SH didampingi oleh Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni, S.Pt., MM, Erik Fitriadi, SH, Mustaqim, S.Sos., M.Kom dan Kasubag Hukum, Tri Handayani, SH., M.Si yang bertempat di Aula KPU Kabupaten Bogor.

Adapun LO Partai Politik yang hadir dalam acara ini antara lain : Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2014 meliputi Partai Nasdem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP, Partai Hanura, PBB, PKP Indonesia, dan Partai Politik Baru meliputi Perindo, Partai Garuda, Partai Idaman, Partai Berkarya serta dipantau oleh Panwaslu Kabupaten Bogor. Acara diakhiri dengan penyerahan berkas hasil penelitian administrasi perbaikan kepada LO masing-masing Partai Politik dan Pengundian Nomor Awal Pencuplikan Keanggotaan Parpol Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 untuk 3 Partai Politik yaitu Perindo, Partai Berkarya dan Partai Garuda. (Media Center-KPU Kab. Bogor)
Halaman 1 dari 49