DSC02888Cibinong (04/09), Sehubungan dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Sekolah Dasar Islam (SDI) Anugerah Insani Cibinong melakukan kunjungan ke KPU Kabupatn Bogor. Kunjungan belajar tersebut diterima langsung oleh Komisioner KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni, S.Pt., MM dan Mustaqim, S.Sos., M.I.Kom dengan didampingi Kasubag Hukum Tri Handayani, SH., M.Si serta Staff Subbag Teknis dan Hupmas. Sebanyak 150 peserta yang terdiri dari siswa kelas 6 dan guru bertujuan untuk belajar proses Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah sejak dini.

Adapun materi yang disampaikan dalam kunjungan belajar tersebut antara lain:

1.      Pemutaran Film Sejarah Berdirinya Komisi Pemilihan Umum (KPU);

2.      Pemutaran Film Sejarah Pemilihan Umum di Indonesia dari Tahun ke Tahun;

3.      Sejarah adanya Golongan Putih (Golput) di Indonesia;

4.      Penyelenggara Pemilu dari tingkat desa sampai pusat, dan ;

5.      Pengenalan Partai Politik Peserta Pemilu 2019.

DSC02736Siswa – Siswi sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni, S.Pt., MM dan Mustaqim, S.Sos., M.I.Kom, dengan diselingi permainan edukasi terkait macam – macam Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah yang diselenggarakan oleh KPU, syarat sebagai pemilih di Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah dengan menempelkan puzzle. Acara semakin meriah dengan diadakan pembagian doorprize dan menyanyikan jingle Pemilu 2019, kunjungan belajar di akhiri dengan foto bersama. (Media Center – KPU Kab. Bogor) 

DSC02841DSC02833DSC02738DSC02766DSC02789

DASAR ISLAM (SDI) ANUGERAH INSANI CIBINONG BELAJAR PEMILU DAN PILKADA DI INDONESIA SEJAK DINI

 

Cibinong (04/09), Sehubungan dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Sekolah Dasar Islam (SDI) Anugerah Insani Cibinong melakukan kunjungan ke KPU Kabupatn Bogor. Kunjungan belajar tersebut diterima langsung oleh Komisioner KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni, S.Pt., MM dan Mustaqim, S.Sos., M.I.Kom dengan didampingi Kasubag Hukum Tri Handayani, SH., M.Si serta Staff Subbag Teknis dan Hupmas. Sebanyak 150 peserta yang terdiri dari siswa kelas 6 dan guru bertujuan untuk belajar proses Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah sejak dini.

Adapun materi yang disampaikan dalam kunjungan belajar tersebut antara lain:

1.      Pemutaran Film Sejarah Berdirinya Komisi Pemilihan Umum (KPU);

2.      Pemutaran Film Sejarah Pemilihan Umum di Indonesia dari Tahun ke Tahun;

3.      Sejarah adanya Golongan Putih (Golput) di Indonesia;

4.      Penyelenggara Pemilu dari tingkat desa sampai pusat, dan ;

5.      Pengenalan Partai Politik Peserta Pemilu 2019.

Siswa – Siswi sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni, S.Pt., MM dan Mustaqim, S.Sos., M.I.Kom, dengan diselingi permainan edukasi terkait macam – macam Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah yang diselenggarakan oleh KPU, syarat sebagai pemilih di Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah dengan menempelkan puzzle. Acara semakin meriah dengan diadakan pembagian doorprize dan menyanyikan jingle Pemilu 2019, kunjungan belajar di akhiri dengan foto bersama. (Media Center – KPU Kab. Bogor)

DSC02475Cibinong (31/07) Sesuai tahapan Pemilu 2019, memasuki Tahapan Perbaikan Daftar Calon dan Syarat Calon DPRD Kabupaten Bogor yang di mulai tanggal 22-31 Juli 2018. Hari terakhir perbaikan daftar calon dan syarat calon KPU Kabupaten Bogor menerima berkas perbaikan daftar calon dan syarat calon DPRD Kabupaten Bogor dari 16 Partai Politik Peserta Pemilu 2019 antara lain PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Partai Hanura, Partai Demokrat, PBB serta PKPI. Masing-masing Partai membawa berkas dari para Bakal Calon Legislatif Kabupaten Bogor untuk memenuhi persyaratan pengajuan sebagai Calon Legislatif mendatang.

           DSC02483Penyerahan Perbaikan daftar calon dan syarat calon DPRD Kabupaten Bogor di hari terakhir terjadwal dari pukul 08.00 – 24.00 WIB. Setiap Partai Politik yang datang menyerahkan perbaikan yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor H. Haryanto Surbakti, SH, Komisioner KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni, S. Pt.,MM dan Mustaqim S. Sos.,M.I. Kom. Mayoritas masih ada bakal calon legislatif yang belum memenuhi persyaratan antara lain Dokumen fotokopi ijazah legalisir, Surat Keterangan Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Narkoba, Pas Photo berwarna Softcopy maupun Hardcopynya, Surat Keterangan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, SKCK dan Surat Keterangan Terdaftar sebagai pemilih.

            DSC02487Berkas perbaikan yang diterima KPU Kabupaten Bogor kemudian di lanjutkan dengan proses penelitian kelengkapan dokumen perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota DPRD Kabupaten Bogor pada Pemilu Tahun 2019 hingga Rabu, 1 Agustus 2018. (Media Center-KPU Kab Bogor).

DSC02489DSC02491DSC02499DSC02504DSC02511

DSC01469Cibinong (4-17/07), Dalam menghadapi Pemilu Serentak 2019 mendatang KPU Kabupaten Bogor memasuki tahapan Bakal Pengajuan Calon Anggota DPRD Kabupaten Bogor yang diikuti oleh Peserta Partai Politik pemilu tahun 2019. Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Bogor yang di gelar di Aula KPU Kabupaten Bogor. Adapun 16 Partai Politik yang menjadi peserta Pemilu Tahun 2019 antara lain, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai PDI Perjuangan, Partai Golongan Karya, Partai Nasdem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai HANURA, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). KPU Kabupaten Bogor juga memberikan kesempatan kepada perwakilan partai politik untuk memberikan sambutan.

1Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Bogor diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor H. Haryanto Surbakti, SH, Komisioner KPU Kabupaten Bogor Erik Fitriadi, SH, Ummi Wahyuni, S. Pt.,MM, Mustaqim, S.Sos,.M.I.Kom, dan Drs. R. Akhmad Mundjin. M.Si. Selanjutnya berkas Bakal Calon Legislatif yang diajukan oleh partai politik masing-masing di verifikasi sesuai data syarat calon dan syarat pencalonan di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Acara diakhiri dengan penyerahan tanda terima oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor H. Haryanto Surbakti, SH kepada Liaisson Officer (LO) atau perwakilan masing-masing Partai Politik Pemilu peserta pemilu 2019. (Media Center-KPU Kab Bogor).

2344

DSC00047Cibinong (5-6/7), Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 bertempat di Gedung Tegar Beriman Kabupaten Bogor. Rapat Pleno dibuka resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor H. Haryanto Surbakti, SH. Pada kesempatan tersebut rapat pleno dipimpin secara bergantian oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor H. Haryanto Surbakti, SH dan Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni, S.Pt., MM, Mustaqim, S.Sos., M.I.Kom, Erik Fitriadi, SH dan Drs. R. Akhmad Mundjin, M.Si.

DSC00042Rapat Pleno Terbuka dihadiri oleh 200 PPK Se-Kabupaten Bogor, saksi mandat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta saksi mandat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor, masing-masing pasangan calon menugaskan paling banyak 4 saksi mandat, Panwaslu Kabupaten Bogor, Panwascam Se-Kabupaten Bogor. Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 berlangsung 2 x 24 jam. Diawali dengan pembacaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tingkat Kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor, dan dilanjutkan dengan pembacaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tingkat Kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Adapun rincian perolehan suara Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018 berdasarkan hasil Rapat Pleno Terbuka antara lain sebagai berikut :

  1. Pasangan Calon H. Fitri Putra Nugraha, S.Sos dan H. R. Bayu Syahjohan dengan jumlah akhir 177.153 suara
  2. Pasangan Calon Ade Yasin dan H. Iwan Setiawan, SE dengan jumlah akhir 912.221 suara
  3. Pasangan Calon H. Ade Ruhandi-Jaro Ade, SE dan Ingrid Maria Palupi Kansil, S.Sos dengan jumlah akhir 859.444 suara
  4. Pasangan Calon Ir. H. Gunawan Hasan dan Ficky Rhoma Irama dengan jumlah akhir 100.745 suara
  5. Pasangan Calon Ade Wardhana Adinata, SE., MM dan Asep Ruhiyat, S.Sos., MM dengan jumlah akhir 168.7DSC0033533 suara (Media Center – KPU Kab. Bogor)

DSC00342DSC00409

SAM 1466Cibinong (25/06), Doa Bersama Demi Kelancaran dan Kesuksesan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2018, yang di gelar oleh KPU Kabupaten Bogor di Gedung Tegar Beriman Kabupaten Bogor. Doa bersama dihadiri oleh Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti S.H, M.M, M.Si, Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Mustaqim, S.Sos., M.I.Kom, Jajaran Muspida Kabupaten Bogor, PPK, dan Jajaran Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor.

DSC09724Peserta sangat khusyu’ mengikuti doa bersama yang diawali dengan Pembacaan Istighosah yang dipimpin oleh perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Bogor. Acara doa bersama turut dimeriahkan dengan pembacaan sholawat dan nasyid-nasyid oleh Gambus. Harapan KPU Kabupaten Bogor kepada 200 peserta yang mengikuti doa bersama menggunakan hak pilihnya dan menghimbau kepada sekitarnya dapat menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni 2018 di TPS masing-masing, diakhir acara dilanjutkan dengan halal bi halal. (Media Center - KPU Kab. Bogor)

DSC09770DSC09731DSC09698DSC09853

Halaman 1 dari 48