CIBINONG,-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, siap mengirimkan surat suara Pilgub Jabar ke seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berada di setiap kecamatan se-Kabupaten Bogor mulai hari ini, Senin (11/2). Sebelumnya, KPU Provinsi Jawa Barat telah menerima sebanyak 3.423.502 surat suara yang dikirim langsung dari percetakan yakni PT Pura Barutama yang beralamat di Kudus Jawa Tengah.

 

Surat suara sebanyak itu disesuaikan dengan jumlah pemilih Pilgub di Kabupaten Bogor  ditambah 2,5 persen surat suara cadangan. Adapun jumlah pemilih di Kabupaten Bogor adalah sebanyak 3.340.002 pemilih yang akan memilih di sebanyak  7.379 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Mulai Senin (11/2) surat suara akan kami distribusikan langsung ke setiap PPK. Untuk selanjutnya akan dilipat disetiap PPK . Pelipatan di setiap PPK dikarenakan gudang yang kami miliki tidak mencukupi ,”ujar Kepala Divisi Logistik KPU Kabupaten Bogor, Tugiman di Kantor KPU Kabupaten Bogor Jl Tegar Beriman No. 35 Cibinong Bogor.

Di PPK itu, kata Tugiman, surat suara akan diperiksa lalu diteliti kondisinya, dan apabila diketahui terdapat surat suara yang rusak atau tidak sesuai dengan spek yang seharusnya maka surat suara itu tidak akan didistribusikan.

Berbeda dengan surat suara yang baru siap dikirimkan, sebelumnya KPU Kabupaten Bogor telah mendistribusikan sejumlah logistik lainnya, seperti tinta, paku pencoblos, bantalan, dan kotak suara. “Berdasar informasi dari KPU Provinsi Jawa Barat, seluruh logistik  perlengkapan Pilgub Jabar tahun ini diupayakan terkirim paling lambat sampai ke kantor kami pada Kamis (14/2). Sedangkan seluruh logistic harus sampai ke setiap kecamatan pada H-5 nanti,” tandas Tugiman.

Adapun logistik alat kelengkapan pencoblosan Pilgub Jabar yang belum diterima KPU Kabupaten Bogor, adalah sampul, segel dan formulir. Meski demikian KPU Kabupaten Bogor  optimis seluruh logistik bakal diterima hingga diidistribusikan ke setiap PPK untuk kemudian disampaikan ke setiap desa/kelurahan. Hingga sampai  ke setiap Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di setiap TPS sesuai pada batas waktu yang ditentukan . (*frank*)