CISARUA-  Ketua  Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Bogor,  H Haryanto Surbakti  SH, menegaskan pelajar setingkat SLTA di Kabupaten Bogor harus  melek politik  dan memahami makna demokrasi. Sehingga para pelajar yang merupakan para pemilih pemula bisa menjadi penggerak partisipasi pemilih di tengah-tengah lingkungannya masing-masing.

 

Sample Image        Sample Image  

Hal tersebut diungkapkan Haryanto kepada puluhan pelajar SLTA se-Kabupaten Bogor, Rabu (20/3) di sela acara Penyuluhan Politik kepada  Pelajar gelombang ke-II di Jl Raya Cisarua Puncak Bogor.

“Melek politik dan demokrasi itu bisa diawali dengan banyak membaca buku. Setelah itu banyak berdiskusi dengan membentuk kelompok, itu adalah langkah awal,”ujar Haryanto.

Membaca dan berdiskusi dengan kelompok, menurutnya, jauh lebih hebat dan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi para pelajar dibanding dengan mengisi waktu luang dengan sekedar nongkrong di jalan. 

Pada kesempatan itu, Haryanto membeberkan pentingnya memilih dan dipilih kepada para pelajar tersebut yang pada umumnya telah memasuki usia pemilih pemula. Selain memberikan wawasan politik dan demokrasi, komisioner KPu Kabupaten Bogor itu juga mensosialisasikan ajang Pilbup Bogor yang dijadwalkan berlangsung  pada 8 September mendatang.

“Pilbup Bogor dan Pemilihan Legislatif did epan mata kita, karenanya harus melek politik agar kita semua cerdas dalam memilih kandidat,” katanya.

(*frank*)