Senin, 1 April 2013 KPU Kabupaten Bogor telah melaksanakan pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan PPK Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Bogor di Gedung Serbaguna I Pemda Kabupaten Bogor.

Pengucapan sumpah atau janji anggota di hadiri oleh Ketua DPRD, Bupati Bogor, Dandim, Kapolres, Kejari, Seluruh Komisioner dan Ketua Panwaslu Kab. Bogor. Dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor menyampaikan kepada PPK yang sudah dilantik agar dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Karena tugas PPK adalah ujung tombak suksesnya pelaksanaan Pilbup. Selain menyoroti tentang kinerja, Bupati pun memfasilitasi JAMKESDA kelas satu “Gratis” kepada seluruh anggota PPK yang bekerja tidak mengenal waktu ketika Pemilu berlangsung. 

Setelah pelantikan selesai, PPK langsung melaksanakan Bimbingan Teknis di Hotel Puri Avia Cisarua Kabupaten Bogor selama dua hari terhitung dari 1 s.d 2 April 2013. Dalam pembukaan Bimtek Ketua KPU mengucapkan selamat atas dilantiknya PPK yang terpilih untuk membantu KPU dalam melaksanakan tugas negara agar pelaksanaan Pilbup berjalan dengan baik.

Sesuai agenda kegiatan bimtek hari pertama disampaikan oleh Ketua Divisi Hukum, Pengawasan Organisasi dan Pengembangan SDM (Drs. Gotfrusus Goris Seran, M.Si) pembahasan materi tentang Penguatan Kelembagaan, Pembentukan PPS, PPDP. Yang dalam pemaparannya PPK harus dapat menjalankan fungsi tugas sesuai dengan divisi masing-masing dan dapat memprtanggung jawabkan secara penuh di sekretariatan PPK dalam pelaksanaan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Bogor.

Bimtek selanjutnya Anggota PPK yang sudah terbentuk terdiri dari Ketua, Divisi Teknis, Divisi Sosialisasi, Divisi Logistik, Divisi Organisasi di bagi menjadi tiga kelompok untuk mengikuti pemaparan dari Pembicara Komisioner KPU sesuai Divisi.

Kelompok A yang membahas Bimtek tentang Pendataan Pemilih, Verifikasi Calon Perseorangan dan Verifikasi Dukungan DPD serta Bimtek Keuangan dan Logistik disampaikan oleh Ketua Divisi Umum Rumah Tangga, Perencanaan, Keuangan & Logistik (H. Romli Eko Wahyudi,S.Kh, M.Si) dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu (Tugiman, SE, MM).

Kelompok B membahas Bimtek tentang Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2013 yang disampaikan oleh Ketua Divisi Hukum, Pengawasan Organisasi & Pengembangan SDM (Drs. Gotfrusus Goris Seran, M.Si) dan Ketua Divisi Sosialisasi & Pendidikan Pemilih (H. Haryanto Surbakti, SH).

Kelompok C membahas Bimtek tentang manajemen Kepemimpinan yang disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor (Achmad Fauzi, S.Sos, Me) dan Sekretaris KPU Kabupaten Bogor (Drs. Dadang Sulaeman).

Hari Kedua materi pertama pelaksanaan Bimtek yang di hadiri oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Bogor Yana Nurheryana, S.Ag, MM sebagai pembicara dengan penyampaian materi tentang Tugas, Wewenang dan Mekanisme Kerja Panwaslu Kabupaten/Kecamatan/Desa dalam Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2013. Dalam pemaparannya Ketua Panwaslu Kabupaten Bogor menekankan kepada PPK yang sudah dilantik dapat bekerjasama dengan Panwascam dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dilapangan. Ketua Panwaslu berharap sinergitas baik dari komunikasi  dapat berjalan baik oleh PPK dan Panwascam Seperti halnya KPU Kabupaten Bogor dan Panwalu Kabupaten Bogor yang sampai sekarang selalu mengutamakan komunikasi yang baik tentunya untuk menjalankan tugas agar berjalan baik sesuai peraturan yang ada.

Pemateri terakhir yang di hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor (Dra. Hj. Nurhayanti, M.Si,MM) menyampaikan tentang Fasilitas Pemerintah Daerah dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2013. Disamping menyampaikan materi  Ibu Yanti menampung aspirasi / keluhan yang terjadi dilapangan ketika Aparatur Pemrintah Tingkat Kecamatan kurang sinergi dengan PPK. Ibu yanti berharap pada pelaksanaan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Bogor tahun ini dapat berjalan dengan baik, begitupun sinergitas antara PPK dan Aparatur Pemerintah Tingkat Kecamatan harus bisa saling bekerjasama dalam mensukseskan Pilbub ini.

(admin_azam)