TAJURHALANG-  Empat orang perempuan dari sebanyak 45 orang  warga Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor, turut serta dalam  tes rekruitmen  PPS (Panitia Pemungutan Suara) tertulis dan wawancara, Minggu, (14/4).  Tes tertulis tersebut dilakukan di Kantor Kecamatan Tajurhalang, dengan soal tes tertulis sebanyak 30 butir dalam jangka waktu 60 menit.

 

Sample Image       Sample Image  Sample Image  Sample Image

“Mayoritas soal yang kami berikan kepada peserta tes adalah tentang Peraturan KPU dam kepemiluan. Selebihnya tentang wawasan kewilayahan. Sedangkan soal wawancara meliputi motivasi peserta, pengalaman organisasi, kepemiluan, problem solving dan harapan menjadi PPS” ujar ketua PPK Tajurhalang, Sudjana Priatna ditemui di Kantor PPK Tajurhalang. 

Disela pemantauan,  Ketua KPU Kabupaten Bogor Achmad Fauzi mengatakan geliat partisipasi perempuan dalam tes PPS Pilbup Bogor 2013 ini cukup signifikan. "Pantauan saya, keikutsertaan perempuan dalam tes PPS di seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor  cukup baik. Dan ini salah satu pengharapan kami," ujar Ketua KPU Kabupaten Bogor, Achmad Fauzi.   

Menurutnya, pada seleksi calon anggota PPS ini, tes wawancara menjadi sebuah kewajiban dalam rangkaian tes untuk menggali berbagai potensi, seperti kemandirian, serta motivasi pribadi disamping menggali wawasan kepemiluan serta wawasan umum lainnya. 

Setelah PPK mengirimkan nama-nama yang lolos menjadi PPS di seluruh kecamatan, katanya, maka KPU Kabupaten Bogor akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pengangkatannya per tanggal 17 April, sehingga PPK dapat mengumumkan anggota PPS terpilih pada 18 April mendatang. 

Ketua KPU juga mengecek kondisi ruangan yang dipakai untuk melakukan tes terlulis calon anggota PPS yang rencananya akan menjadi tempat pelantikan PPS yang lolos nanti. Fauzi berharap dengan terbentuknya PPS dapat difasilitasi dengan baik oleh pihak kecamatan, agar persiapan kerja untuk melaksanakan rangkaian Pemilu dapat terlaksana dengan baik.

Tes Anggota PPS juga dilaksanakan di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dari tanggal 14 April hingga 16 April ini.  (MC/ani/ren/frank)