CIBINONG – Sesuai dengan tahapan pemilu Bupati dan Wakil Bupati Bogor 2013, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor 2013 gelar rapat pembahasan jadwal, zona, dan lokasi kampanye serta pembukuan dana kampanye calon bupati dan wakil bupati Bogor 2013 Senin (29/7) di Aula KPU Kabupaten Bogor. Acara yang dihadiri oleh semua perwakilan tim kampanye pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bogor dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Bogor Achmad Fauzi,S.Sos.,ME dan anggota KPU kabupaten Bogor H. Haryanto Surbakti, SH dan Tugiman, SE, MM dan dilanjutkan oleh perwakilan Kantor Akuntan Publik (KAP).

 

Fauzi mengatakan pedoman teknis kampanye sudah disiapkan oleh KPU dalam bentuk Surat Keputusan (SK) KPU Kabupaten Bogor. “Untuk menjadi pedoman teknis pelaksanaan kampanye sudah ada SK KPU Kabupaten Bogor Nomor 52/Kpts/KPU-Kab-011.329971/2013 yang terdapat penjelasan tiga unsur kampanye yaitu dilakukan oleh pasangan calon dan/atau tim kampanye, terdapat unsur meyakinkan para pemilih dalam rangka memperoleh dukungan sebesar-besarnya dalam bentuk penawaran visi, misi, dan program secara tertulis atau lisan, dan terdapat alat peraga atau atribut pasangan calon dan/atau bahan kampanye”, ujarnya.

“Jika paslon ingin mengadakan suatu kegiatan yang tidak bertentangan pada saat kampanye 22 Agustus sampai dengan 4 September 2013 nanti, dipersilahkan untuk datang berkonsultasi dengan pihak kami. Dalam penentuan jadwal dan lokasi kampanye ditetapkan oleh KPU Kabupaten Bogor dengan memperhatikan masukan dari tim kampanye dan stake holder lainnya dan ditetapkan sesuai dengan SK tahapan. Zona kampanye kemungkinan akan dibagi kedalam empat zona yaitu Bogor Barat, Timur, Selatan, dan Utara. Kampanye dilaksanakan selama 14 hari dan berakhir tiga hari sebelum pemungutan suara”,  tambah Fauzi.

Pembukuan dana kampanye dimulai sejak tiga hari setelah paslon ditetapkan sebagai peserta pemilu dan ditutup tujuh hari sebelum penyampaian laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye kepada kantor akuntan publik yang telah ditunjuk KPU Kabupaten Bogor . Akuntan Publik yang bekerjasama dengan KPU Kabupaten Bogor yaitu DR. La Midjan& Rekan serta Heliantono& Rekan. (Media Center)