WhatsApp Image 2019 11 12 at 4.29.33 PMCibinong (12/11) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor berkomitmen meningkatkan angka partisipasi politik kaum perempuan pada Pemilihan Kepala Daerah, Pileg dan Pilpres di Kabupaten Bogor akan segera membentuk “SEKOLAH POLITIK PEREMPUAN”. Sebagai langkah awal KPU Kabupaten Bogor melaksanakan diskusi perumusan materi pendidikan politik perempuan dengan mengundang para akademisi perempuan, jurnalis perempuan, Mahasiswi, politisi perempuan, LSM dan Ormas yang membidangi tentang perempuan di Aula KPU Kabupaten Bogor. Angka Partisipasi Perempuan minimal 30% yang di atur dalam PKPU hanya sebagai syarat pendaftaran Partai Politik dan Pendaftaran Caleg. Di Kabupaten Bogor dari 55 kursi anggota DPRD yang terpilih hanya 5 kursi yang diduduki perempuan tentunya ini angka yang masih minim untuk menyuarakan hak-hak perempuan.

WhatsApp Image 2019 11 12 at 4.29.39 PMMelalui Focus Group Discussion (FGD) KPU Kabupaten Bogor menyusun Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) sebagai pemahaman politik perempuan, hasil diskusi ini diantaranya adalah: Pertama peningkatan kapasitas perempuan lewat sekolah perempuan. Kedua, memberi rekomendasi ke dewan soal kebijakan yang berpihak pada perempuan. Angka Cost Politic yang terlalu mahal melatar belakangi perempuan tidak tertarik pada politik, sehingga kaum perempuan lebih nyaman berada di peran domestik dari pada peran publik dan politik, penguatan politik perempuan pada partai politik juga diperlukan sebagai salah satu solusi peningkatan partisipasi perempuan di legislatif dengan melakukan open recruitment dan kaderisasi yang optimal serta memberikan kesempatan perempuan dengan memberikan nomor-nomor strategis dalam penomoran urut perempuan dalam mencalonkan sebagai anggota legislatif.

WhatsApp Image 2019 11 12 at 4.29.35 PMSekolah politik perempuan akan melibatkan semua kalangan ibu-ibu PKK, Mahasiswi, Siswi Pemilih Pemula dan masyarakat perempuan secara umum. Materi sekolah politik perempuan tidak hanya membahas soal politik, akan tetapi, banyak materi lainnya seperti public speaking, isu-isu perempuan hingga aturan Pemilu. (Media Center – KPU Kab. Bogor)

WhatsApp Image 2019 11 12 at 4.29.37 PM